facebook icon instagram icon

Klepon Gianyar Meledak dalam Mulut dan Enak

Klepon Gianyar Bali bisa dibilang salah satu makanan tradisional yang selalu dicari ketika kita berkunjung ke daerah wisata di Gianyar yang akan meledakkan Gula Merah cair dengan rasa manis enak di dalam mulut kita ketika dimakan. Tidak cukup sebiji Klepon Gianyar Bali untuk kita makan, dijamin kita akan menambah klepon-klepon lainnya untuk kita lahap dan meledakkan kenikmatan rasa didalam mulut. Ouhhhhhhh meledakkkk….

Klepon Gianyar yang sudah ditaburi parutan kelapa
Klepon Gianyar yang sudah ditaburi parutan kelapa
Proses pengisian gula merah didalam Klepon
Proses pengisian gula merah didalam Klepon

Ada yang belum tau apa itu Klepon? Oke kita jelasin sedikit ya, Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Nah klepon dimana-mana sama saja sebenarnya, tapi apa yang membedakan Klepon Gianyar Warung Berata dengan klepon-klepon yang lain? Yang membedakannya adalah kita bisa mendapatkan klepon yang benar-benar baru selesai dimasak. Dan kita bisa melihat tahapan-tahapan pembuatan kleponnya. Warung Berata sendiri terletak di  Banjar Sengguan Kawan, Gianyar,  jadi bisa mampir kesini dulu sebelum jalan-jalan ke objek wisata Gianyar, antara lain Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Goa Rangreng. Ganjel perut lah sebelum kita menghabiskan energi berjalan kaki menuju air terjun serta bermain air di air terjun.

Klepon Gianyar Warung Berata
Klepon Gianyar Warung Berata

Di Warung Berata ini kita bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Dimulai dari kelapa dibersihkan dan diparut yang gunanya akan ditaburkan diatas Klepon Gianyar yang sudah matang

Pegawai sedang mengupas kulit kelapa yang akan diparut
Pegawai sedang mengupas kulit kelapa yang akan diparut

Langkah pertama yang mereka lakukan untuk membuat Klepon Gianyar yang lezat adalah membuat adonan dari tepung yang dicampur dengan pewarna hijau alami serta bahan rahasia lainnya. Bahan rahasianya ndak mau mereka ungkap sich, secara rahasia dapur lho.

Pengadukan tepung dengan pewarna alami
Pengadukan tepung dengan pewarna alami
Penambahan lebih banyak tepung ke dalam adonan
Penambahan lebih banyak tepung ke dalam adonan

Adonan diuleni menggunakan kedua belah tangan sampai tercampur merata dan tingkat kekentalannya cukup. Dilanjutkan dengan membuat bola-bola kecil dengan cara mengambil sedikit adonan dan kemudian digiling-giling diantara kedua tangan. Setelah berbentuk bulat, dilanjutkan menekan adonan menggunakan jari agar berbentuk berbentuk cekung didalamnya, gampangnya berbentuk mangkok super mini, bukan rok mini yaaa…. Setelah terbentuk ditaruh berderet diatas nampan plastik

Pengulenan adonan Klepon
Pengulenan adonan Klepon
Adonan mulai mengental dan tidak terpisah-pisah
Adonan mulai mengental dan tidak terpisah-pisah
Pembentukan Klepon dengan cara diputar-putar
Pembentukan Klepon dengan cara diputar-putar
Adonan dibulatkan kemudian dibuat cekungan didalamnya
Adonan dibulatkan kemudian dibuat cekungan didalamnya

Adonan yang sudah berbentuk cekung kemudian diisi dengan gula merah cair yang dituangkan dengan menggunakan sendok. Diisi secukupnya jangan sampai tumpah. Adonan kemudian dijepit mengggunakan dua jari agar tertutup dan gula merahnya tidak meleleh keluar.

Pengisian gula merah sebagai isi dari Klepon
Pengisian gula merah sebagai isi dari Klepon
Setelah diisi dengan Gula Merah, Klepon pun ditutup
Setelah diisi dengan Gula Merah, Klepon pun ditutup

Pegawai yang bertugas mengisi dan menutup adonan setelah terisi gula merah dengan santainya tanpa melihat langsung melemparkan adonan klepon kearah panci dengan air mendidih. Dan dengan tepatnya bisa masuk ke panci. Direbus dengan air mendidih sampai matang. Setelah matang kemudian diangkat, ditiriskan dan dimasukkan ke air dingin. Setelah cukup dingin, Klepon Gianyar diangkat, ditiriskan dan ditaburin parutan kelapa yang juga segar. Lezat sekali sampai ndak cukup sebiji.

Klepon dimasak hingga matang didalam air mendidih
Klepon dimasak hingga matang didalam air mendidih
Klepon matang diangkat menggunakan sendok jaring
Klepon matang diangkat menggunakan sendok jaring
Klepon yang matang dimasukkan ke air dingin
Klepon yang matang dimasukkan ke air dingin
Klepon Gianyar setelah ditaburi kelapa siap dinikmati
Klepon Gianyar setelah ditaburi kelapa siap dinikmati

Bila ingin cemilan tradisional, enak, lezat, baru selesai dimasak serta bisa melihat proses pembuatannya, carilah Klepon Gianyar. Sekali hap langsung berbutir-butir masuk keperut.

27 comments

  1. Ternyata di kotaku tinggal juga sama penganan traditional ini namanya juga Klepon, bli :).

    Ikut senang bli mengulas makanan traditional begini karena aku rada miris penganan-penganan traditional saat ini banyak tergeser (kurang diminati) oleh penganan kekinian dari negara asing.

    Aku jadi ingat waktu bocah dulu, klepon ini (maaf) buat ‘senjata’ permainanku loh …
    Kudeketin lawanku terus didekatnya kugigit klepon sampai muncrat kena wajahnya …. kkkwwkkk …, jangan ditiruuu !!

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Iya nich kak, penganan tradisional memang belum mendapat tempat di dunia modern, tapi beberapa hotel berbintang sudah mulai mengangkat panganan tradisional ke dalam menunya mereka.

      Wuihhhhhh jail sekali ya kak jaman kecil….hahahahhaha
      Aku praktekin ahhhhhh…..

  2. devina says:

    ini makanan kesukaan saya sejak kecil, dan sampai sekarang kalau denger kata klepon teringat sensasi gulanya yang manis serta taburan kelapanya ya hmmmm, jadi pengen makan klepon tapi sekarang juga sudah banyak yang jualan tapi memang tidak semua tempat yang menjual klepon yang isinya gula sampai muncrat, bisa di coba ini nanti kalu maen ke Gianyar Bali hehehehe

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Sensasi muncratnya yang bikin ketagihan ya kak.
      Ayo kak maen ke Gianyar, jadi tau beda muncratannya. Hahahahah

  3. Selain bisa menikmati Klepon, bisa melihat proses pembuatannya juga seperti yang mas ceritakan. Habis bisa menikmati objek wisatanya. Wah, cocok juga ni bila ada rejeki langsung kesana..

  4. Ini makanan favoritku dari dulu hingga sekarang, kalau makan emang ga cukup satu. padahal mulut udah kena bom gitu, eh mau lagi..dan lagi…!!
    Enak juga jajan di sini, bsa sekalian liat yang kerja sembari makan klepon hangat

  5. klepon gianyar legend banget ini Bli saya pernah buat klepon cumacara buatnya lain bahannya

  6. Wiiiiiih pas banget buka judul ini aku lagi demen ngunyah camilan tradisional nih di rumah 😁 Klepon tuh bikin gemes. Ngeri digigit tau2 muncrat isi gula merahnya hahaha.. enak banget ada kelapa parutnya. Boleh juga dicoba nih klepon Goanyar hhmm enak.

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Enaknya memang langsung “lep” kak kalau klepon, jangan digigit, muncratnya itu yang seremmmm

      • Tiap sore suka lewat abang tukang putu plus klepon. Beli 15K sepiring udah kenyang banget hahaha. Ljmayan buat nemenin nonton tv di rumah. Makannya pakai celemek aja buat jaga2 kalo muncrat wkwkwkwk 🤣🤣🤣

        • Putu Eka Jalan Jalan says:

          15K udah dapet segunung ya kak, begah-begah dah itu perut kekenyangan.
          Idenya boleh juga tuch pake celemek, celemek hello kitty kak. hahahahah

  7. ya ampyuuunn, kalau mau jajan klepon ini berarti harus sesabar menanti jodoh ya… tapi emang cucok jadinya. Kita jadi kian laper, lalu menikmati klepon panas-panas, oihh…Ariel menggoda pun terabaikan…Di Bali klepon juha namanya, ya. kalau di Padang disebut onde-onde tuhh

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Ndak harus ditunggu kok kak, mereka juga ada klepon yang sudah dimasak. Jadi ndak usah nungguin mereka masak

  8. Hampir sama seperti klepon pada umumnya…Mungkin yang bikin beda rasa serta aroma gulanya yaa meski saya pribadi belum pernah makan klepon murni asal Gianyar bali..😄😄

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Setuju kak, rasa dan aroma gulanya yang biasanya membedakan antara klepon satu dengan klepon yang lain

  9. Aku suka klepon, tapi zaman kecil pernah takut makan klepon kalau diajakin ke acara kayak nikahan gitu. Karena mulutku kecil dan pengen gigit, tapi takut isinya muncrat. Lalu, diketawain orang-orang. Jadi menahan diri.
    Eh…

    Sekarang sudah tahu cara makan yang bener dan tahu Klepon Gianyar yang kelihatanya yummy meledak di dalam mulut, aduh tambah pengen. Apalagi lihat proses bikin Kleponnya, bikin ngiler. Aargh… Tradisional banget dan pasti enak.

    nggak di jual di luar Bali ya?

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Iya dulu ditakut-takutin muncratnya itu sama orang tua-tua dulu
      sekarang mah langsung lep aja. hahahah

      Sayangnya masih nggak dijual diluar Bali kak, mungkin karena cepat basinya itu yang bikin

  10. Tia says:

    aku favorit banget sama klepon, jadi ngiler liat fotonya.
    baru tau proses pembuatannya cukup panjang alurnya yaa..

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Sodorin tissue buat lap ilernya dulu….hahahahah….
      Kalau lagi kelaperan sich berasa lumayan lama kak

  11. Sofia says:

    Hello, I want to work in your company on a voluntary basis, can you offer me anything?
    a little about me:https://about.me/kurdimova/

  12. aku prnh belii iniii pas ke bali :D. OMG msh kebayang enaknya ituuuu. aku punya sepupu yg tinggal di bali mas. jd pas ksana diajakin beli klepon ini. oalaaahhh jd gula merahnya memang udh cair yaaa. yg aku tau kalo makan klepon di tempat lain, gula merahnya msh pecahn2 kecil yg dimasukin ke dlm adonan. nantinya akan cair saat di rebus. tp adakalanya mungkin ga panas sempurna, gulanya ttp blm cair di dlm. dan jdnya ga ada gula merah yg berasa meledak di mulut :D.

    tp memang klepon gianyar ini terenak lah!

  13. Vika says:

    Ini salah satu makanan yang paling acu suka kak.. apalagi paa gigit langsung keluar tuh kinca alias gula merah.. bikin sedap sedap dimulut hihi

What do you think?

Name required

Website