Lautan Padang Ilalang dengan Putu Eka Jalan Jalan ditengahnya

Lautan Padang Ilalang Kerambitan yang sedang berbunga membawa sensasi kita berdiri di atas lautan kapas dengan hembusan angin sepoi-sepoi membawa aroma pesisir laut Pulau Dewata. Berlokasi di Kecamatan Kerambitan , Kabupaten Tabanan yang terkenal juga sebagai lumbung berasnya Bali.

adang ilalang yang sedang berbunga putih biasanya kita temukan ketika musim kemarau., Ilalang atau lalang atau disebut juga Alang-alang (Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis rumput-rumputan berdaun tajam dan lancip, yang kerap menjadi momok bagi petani di lahan pertanian. Dalam bahasa linggis, eh maksudnya Inggris dikenal juga sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus seperti kumpulan kapas tipis.  Bali ternyata mempunyai padang Ilalang yang masih tidak banyak orang yang tau berada di daerah Kerambitan. Selain itu  kita bisa juga sekalian jalan-jalan ke pantai di Kerambitan yang dijamin instagramable juga seperti pantai Pasut. Ngilerrrr kaaannnn??? Asyik lho buat pacaran…. #ups Pengalaman pribadi sich… wekekeke…

Putu Eka Jalan Jalan menemukan padang rumput Ilalang ini berawal dari keinginan untuk mencoba jalur trekking yang mengelilingi Desa Wisata Tista, Kerambitan, Tabanan, Bali, sekalian jogging manja untuk melatih badan agar tidak terlalu menjerit ketika diajak jalan-jalan ke air terjun.  Desa-desa di Bali yang mempunyai potensi pariwisata sedang dibenahi untuk menjadi desa wisata yang siap menyambut para wisatawan untuk liburan ke Bali. Ketika berjalan melintasi bagian utara jalur trekking, nampak jauh dimata ada hamparan keputihan seperti kapas yang bergoyang-goyang tertiup angin sepoi-sepoi ( seperti dirimu yang selalu bergoyang manja didalam pikiranku)  Tertarik dan penasaran donk (maklum orangnya agak kepo dikit),  akhirnya Putu Eka Jalan Jalan keluar dari jalur trekking dan menyusuri jalanan ditengah sawah yang sudah dibeton. Tidak terlalu suka untuk menyuri jalanan beton sich sebanarnya. Lebih suka menelusuri cantik senyummu dech.

Untuk mencapai padang Ilalang ini, kita harus melewati persawahan yang sedang ditanami kacang panjang, awas disangka Si Kancil yang mau metik kacangnya sama pak petani yaaa…. Hahahahha…. EH bukannya si Kancil suka mencuri Ketimun ya? Eits perjuangan belum berakhir, kita harus menyeberangi sungai kecil yang sedang kering menggunakan batang kayu yang dilintangkan diatas sungai kecil tersebut. Jangan lupa, segera rapalkan ilmu meringankan badan  ketika menyeberang, daripada jatuh ke dalam sungai kering ini.

Dari sungai kecil sudah nampak padang ilalang yang berbunga putih, seputih wajahmu nggak ya? Atau seputih wajahmu yang didempul pake bedak?  Melangkah naik ke atas bukit, terhamparlah padang ilalang yang tampak memutih seperti lautan kapas seperti di alam lain. Serba putih juga seperti berada di atas awan yang bergumpal-gumpal ( jadi keinget awan Kinton nya Son Go Ku). Diutara juga tampak Gunung Batu Karu dikejauhan yang berdiri kokoh.

Penyuka spot photo yang instagramable juga pasti menyukai padang ilalang Kerambitan ini karena spot seperti ini sangat jarang ada di Bali. Tidak kalah  lho dengan padang Ilalang yang terkenal di Bromo, di Bawen Semarang, juga Padang Ilalang di Bukit Mongkran, Karanganyar.

Buat yang mau berphoto ria jungkir balik, sebaiknya gunakan lengan panjang dan celana panjang, karena akan terasa gatal kena dedaunan ilalang yang agak-agak tajam menggatali. Halah apa itu bahasa menggatali…. Nggak mau kan habis dari sini malah garuk-garuk speanjang perjalanan pulang. Datanglah kesini sore hari biar bisa menikmati matahari terbenam diantara persawahan yang terhampar luas. Cukup romantis lah untuk menutup hari yang indah sambil garuk-garuk kaki yang gatal terkena daun Ilalang. Jangan lupa untuk tidak merusak keindahan padang ini ya teman, kasihan nanti para tukang jalan-jalan menangis tidak bisa bernarsis ria di padang Ilalang Kerambitan

42 Comments

    1. Padang ilalang yang berbunga memang cantik banget kak, kalau cuma padang ilalang kehijauan agak kurang sich kak

    1. Video klip nya india ya kak? hahahaha
      Jangan terlalu lama kak di padang ilalang, nanti bisa gatal gatal

  1. Oh my… itu tempat impian saya sama gadis kecil saya. daripada piknik di objek wisata kekinian yang penuh sesak, kami itu lebih suka duduk duduk di tempat alami seperti itu. dan rumputnya ituuu .. it’s like a dream!

    1. Sama kak ndak suka berkunjung ke wisata yang penuh sesak begitu. Ndak nyaman dan ndak bisa menikmati tempat wisatanya. Ditempatnya kak Dewi ada tempat wisata yang seru nggak?

    1. Kalau sudah masuk ke musim hujan bunga padang ilalangnya malah sudah menghilang kak, cuma tertinggal padang ilalang yang hijau saja

  2. cakeppp aku mau foto kayak gini & baru tau nih kalo di Bali ada ilalang ilalang seperti ini
    ilalang ini tumbuhnya musiman ga ya? apa mungkin misal di musim hujan warnanya ga seputih wajahku gini

    1. Baru muncul ilalang seperti ini di Bali, efek kemarau panjang kemaren. Jadinya munculnya memang musiman kak

      1. berarti enaknya kalo mau foto atau jalan jalan ke daerah ini pas musim kemarau ya, nunggu wabah berakhir dulu baru direncanakan ke Bali lagi

    1. Duhhhh terima kasih sudah bilang aku kece kak. hahahahha
      Iya memang gatal ujungnya ketika selesai photo photo

  3. Sebelum kesana pastikan membawa kamera yang mantap dulu, biar hasilnya juga bisa seperti diatas hehehe.. Dan jangan lupa untuk tidak merusak tanaman saat melewati kebun kebun kacang itu ya, biar bapa nya bisa panen dan bisa menanam bibit lainnya. Tetap jaga alam kita dan lestarikam, viralkan supaya bisa tambah rame dan is feeling like a should.

    1. Bawa kamera biasa juga bisa kak, ndak terlalu banyak perbedaannya kok kak. Tergantung siapa yang motret aja sekarang

      Tanaman kacangnya nggak rusak kok, aman jaya sentosa tanaman kacangnya

  4. Halo, bli.
    How are u so far away ?.

    Percaya ngga,
    Sewaktu kemarin aku mulai ngeblog lagi, milih foto profil blog juga … ada ilalangnya 😄.
    Begitu aku bw kesini, kageeet …
    Lah kok kita bisa samaan ha ha ha 😄.
    Yang satu artikel ilalang, yang satunya foto profil di ilalang 🤩

    1. Halo kak Himawan, long time no see
      I am good, how about you?

      Hahahahahha kok bisa barengan gitu ya kak kita punya sesuatu yang sama soal ilalang?

  5. Senang dapat kabar bli Eka baik kabarnya.
    Kabarku juga baik 🙂

    Iya ya kok bisa samaan tentang ilalang 😁

    Foto-foto artikel bli Eka kulihatin makin digarap apik.
    Salut untuk itu 👌👍

    1. AKu hanya berusaha menggarap sebaik mungkin kak.
      Tapi sekarang harus tiarap dulu karena efek corona
      Semoga efek corona bisa cepat selesai

      1. Benar keputusan, bli 👌.
        Saat ini jauh lebih baik menghindari dulu bepergian jauh-jauh demi menjaga kesehatan diri.

        Kalau ada stok foto lama saat dulu pas liburan yang belum disertakan di bloh, bisa juga dibuat artikel.
        Semangaaat, bli 👌

        1. Kalau stock lama sich sudah nggak sesuai sama temanya kak. Sekarang temanya beda soalnya. heheheheh

  6. Padang ilalalng😍, ya ampun dari dulu pengen banget lihat padang ilalang lagi terakhir kali lihat ilalang kayak gitu pas perjalanan ke sawah, naik turun bukit dan ternyata di atas bukit ada padang ilalangnya….
    Udah lama banget, 10 tahun lalu mungkin

    1. Lumayan lama ya kak udah 10 tahun yang lalu lihat padang ilalang. Semoga terobati kangennya lihat padang ilalang ya kak

    1. Ketika musim hujan tidak ada kak, hamparannya berpindah-pindah, baru kita bisa pastikan ketika sudah musim kemarau panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *