facebook icon instagram icon

Pantai Pasut Legenda Balap Liar diatas Pasir Hitam

Pantai Pasut dahulu terkenal dengan balap liar menggunakan motor oprekan yang diadakan diatas hitamnya pasir Pantai Pasut. Sekarang kembali terkenal dengan lokasi yang menjadi incaran para Instagramer lokal maupun mancanegara. Jangan lupa follow instagramnya kita @putuekajalanjalan yaaaa…..Berlokasi di ujung selatan Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan , Bali. Satu kabupaten sama Air Terjun Yeh Hoo

Suasana Pantai Pasut yang berpasir hitam di kala senja

Suasana Pantai Pasut yang berpasir hitam di kala senja

Putu Eka Jalan Jalan berada diantara tanaman Pandan di Pantai Pasut

Putu Eka Jalan Jalan berada diantara tanaman Pandan di Pantai Pasut

Perjuangan memanjat pohon kelapa yang miring dan licin di Pantai Pasut

Perjuangan memanjat pohon kelapa yang miring dan licin di Pantai Pasut

Berjarak sekitar 15km saja dari pusat kota Tabanan, juga berjarak sangat dekat apabila ada teman-teman yang sedang menginap di Soori Bali. Kali ini Putu Eka Jalan Jalan menggunakan kendaraan beroda dua untuk mencapai Pantai Pasut. Jalannya beraspal, tapi tidak mulus sama sekali, berasa kita sedang mengendarai motor di atas jalan tanah. Pembedanya cuma ndak ada debu yang beterbangan seperti di jalan tanah. Sepanjang perjalanan, Putu Eka Jalan Jalan dimanjakan dengan hamparan sawah yang membentang di kiri dan kanan jalan, Sayangnya saat Putu Eka Jalan Jalan berkunjung kesana, sawahnya sedang dalam masa persiapan sebelum menanam, jadi cuma terlihat petak-petak sawah yang terendam air, sekilas terlihat seperti hamparan tambak. Nampak rumah-rumah penduduk. Ketika memasuki tapal batas banjar dinas Pasut, berarti kita sudah dekat dengan Pantai Pasut.

Gapura pembatas wilayah dari Banjar Dinas Pasut

Gapura pembatas wilayah dari Banjar Dinas Pasut

Jalan menuju pantai dengan persawahan disebelah kiri

Jalan menuju pantai dengan persawahan disebelah kiri

Persawahan yang sedang disiapkan untuk menanam padi

Persawahan yang sedang disiapkan untuk menanam padi

Sesampai di Pantai Pasut, kita akan disambut dengan pura disebelah kiri jalan dengan hamparan rerumputan dihiasi sapi yang merumput serta tumpukan kelapa hasil panen. Untuk motor dan mobil kita bisa parkir ditepian jalan depan pura serta masuk ke areal pantai yang sudah disemen. Walaupun tidak terlalu luas untuk mobil. Tapi bisa mengakomodir beberapa mobil untuk parkir disana.

Pura yang terletak di pintu masuk pantai

Pura yang terletak di pintu masuk pantai

Buah kelapa yang bertumpuk disebelah pura dengan sapi dikejauhan

Buah kelapa yang bertumpuk disebelah pura dengan sapi dikejauhan

Pantai Pasut bukan termasuk pantai yang bersih sich, karena di area parkir pun sudah ada sampah. Yuk kita bantu ketika berkunjung kesana dengan melakukan kegiatan bersih-bersih semampu kita.

Areal parkir lengkap dengan tempat untuk memuja Tuhan

Areal parkir lengkap dengan tempat untuk memuja Tuhan

Pantai Pasut merupakan pantai merupakan pantai yang berpasir hitam, jadi bagi para penyuka pantai pasir putih siap-siap kecewa. Walaupun berpasir hitam, pantai ini tetap eksotis untuk dinikmati. Konturnya datar dengan sedikit batu karang yang besar dibagian barat. Berbeda karakteristik dengan Pantai Greenbowl yang mempunyai bebatuan karang yang besar dengan tebing karangnya. Dengan konturnya yang datar, dulu Pantai Pasut terkenal dengan balap liarnya yang diadakan diatas pasir. Jadi mereka akaan memakai motor yang sudah dioprek mesinnya dan melakukan semacam drag race motor dibagian pasir yang padat. Balapan ini berbahaya karena terkadang ban motor akan melintasi bagian pasir yang tidak padat, sehingga memakan korban jiwa. Sekarang balap liar sudah dilarang dan kebanyakan dipakai sebagai tempat bermain layang-layang ketika angin mendukung.

Putu Eka Jalan Jalan berjalan di hitam legamnya pasir Pantai Pasut

Putu Eka Jalan Jalan berjalan di hitam legamnya pasir Pantai Pasut

Anak-anak sedang bermain layang-layang di pantai

Anak-anak sedang bermain layang-layang di pantai

Dari parkiran Putu Eka Jalan Jalan melangkahkan kaki menuju bagian timur pantai, Nampak toilet yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai, Disebelah bangunan ada sungai kecil yang mengalir ke laut. Nampak buah kelapa yang tergolek pasrah hanyut dari hulu sungai.

Pantai berpasir hitam yang terkenal denganlegenda balap liar

Pantai berpasir hitam yang terkenal denganlegenda balap liar

Sungai kecil yang mengalir menuju pantai

Sungai kecil yang mengalir menuju pantai

Buah kelapa yang hanyut ke pantai

Buah kelapa yang hanyut ke pantai

Sergapan villa pun tidak luput di Pantai Pasut, tapi beberapa villa sekarang sudah seperti rumah hantu karena lama tidak ada yang menginap, bisa saja pengelola villanya bangkrut. Padahal letak villa yang di tepi pantai serta dinaungi oleh pohon-pohon kelapa serta kehijauan menyelimuti area villa. Pas banget diapakai untuk bersantai melepas penat dari serbuan kerjaan dikantor sambil memandang kehijauan dari tumbuhan pandan, hitamnya pasir pantai serta birunya langit.

Putu Eka Jalan Jalan berada didepan villa yang terbengkalai

Putu Eka Jalan Jalan berada didepan villa yang terbengkalai

Pohon kelapa dan Pandan yang menghijau

Pohon kelapa dan Pandan yang menghijau

Berlari menembus tanaman Pandan di Pantai Pasut

Berlari menembus tanaman Pandan di Pantai Pasut

Meloncat diantara kehijauan pohon Kelapa

Meloncat diantara kehijauan pohon Kelapa

Berjalan menyusuri pepohonan Kelapa

Berjalan menyusuri pepohonan Kelapa

Memandang kearah pantai diantara kehijauan

Memandang kearah pantai diantara kehijauan

Selain bersantai, kita juga bisa menikmati memacu ATV diseputaran pantai. Tau kan ATV? Itu lho kendaraan mirip sepeda motor tapi beroda empat yang biasanya dipakai ke medan-medan berlumpur.

Pengendara ATV sedang melintas di pantai

Pengendara ATV sedang melintas di pantai

Sejauh mata memandang, selain kehijauan dari pohon kelapa, Nampak hanya hitam mutlak dari pasir pantai yang kadang terlihat guratan samar dari aliran ombak yang menghempas ke arah daratan.

Pantai berpasir hitam dengan onggokan kayu mati

Pantai berpasir hitam dengan onggokan kayu mati

Berjalan diantara pasir hitam pantai yang basah oleh air laut

Berjalan diantara pasir hitam pantai yang basah oleh air laut

Melangkah diantara guratan samar di pantai

Melangkah diantara guratan samar di pantai

Nah Putu Eka Jalan Jalan kembali melangkahkan kaki, sekarang mengarah kearah kanan dari arah pintu masuk kepantai. Disini kita akan menemui bangunan tempat nelayan tradisional menyimpan perahu mereka. Yup masih ada nelayan tradisional di area ini.

Bangunan tempat para nelayan menyimpan perahu mereka

Bangunan tempat para nelayan menyimpan perahu mereka

Terus melangkah kebarat, nampak karang yang menjulang kehitaman. Nampak villa yang berdiri megah di sempadan pantai siap menyambut para wisatawan yang ingin merasakan sensai dari pasir hitam Pantai Pasut.

Batu karang hitam terlihat dikejauhan

Batu karang hitam terlihat dikejauhan

Villa yang baru dibangun di tepian pantai

Villa yang baru dibangun di tepian pantai

Sebelum villa tersebut ada pohon kelapa yang mempunyai bentuk unik, batangnya miring kearah laut kemudian kembali mencuat keatas. Dari kejauhan sudah menarik perhatian kami. Berkeinginan pula untuk memanjatnya karena terlihat tidak terlalu tinggi. Begitu dicoba untuk memanjatnya, ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Batangnya berasa licin, tidak bisa kita panjat dengan mudah. Putu Eka Jalan Jalan pun bersusah payah berusaha memanjat, itupun cuma bisa sampai setengah batang yang miring. Untuk lebih naik lagi itu sudah takut terjatuh. Kalau kesini lagi mending bawa tangga sepertinya buat manjat. Hahahahha….

Putu Eka Jalan Jalan bersusah payah memanjat pohon Kelapa

Putu Eka Jalan Jalan bersusah payah memanjat pohon Kelapa

Putu Eka Jalan Jalan sedang memanjat pohon Kelapa yang melengkung

Putu Eka Jalan Jalan sedang memanjat pohon Kelapa yang melengkung

Hanya bisa memanjat setengahnya saja dikarenakan batang pohon kelapanya licin

Hanya bisa memanjat setengahnya saja dikarenakan batang pohon kelapanya licin

Berusaha memanjat ternyata menghabiskan banyak waktu, tidak terasa gelap pun mulai menyelimuti. Saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada pasir hitam Pantai Pasut.

67 comments

  1. aris armunanto says:

    Bli kok nekad sampai naik pohon kelapa, aoa nggak takut jatuh? wkwkwk

    Pantainya warna pasirnya hitam sekali ya? Kalo dijaga kebersihannya pastinya indah pantainya.

  2. Tuteh says:

    Komen ah qiqiqiq 😉

    Yang saya sukai dari Bali, sangat suka malah, adalah adat dan budayanya yang hidup bersama masyarakat moderen seperti pura, relief-relief di rumah-rumah, sampai dengan sesajennya itu. Luar biasa. Saya suka sekali dan ada perasaan tersendiri setiap kali ke Bali.

    Perjalanannya menyenangkan, manapula pemandangan menuju ke sana itu. Meskipun pantai berpasir hitam dan ada sampahnya, tapi tetap menarik … yang namanya pantaiiii siapa sih bisa menolak? Hihihi apalagi kalau itu, panjat pohon kelapa … berapa meter itu di atas tanah, Bli? Wkwkwkw. Nekat bener … untung enggak yang tinggi-tinggi kuatir jatuh ke atas, eh ke bawah.

    Sayangnya vila-vila sudah tidak beroperasi lagi. Padahal menarik loh. Apalagi ada ATV juga, buat keliling atau menyusuri pantai kalau tidak mau jalan kaki. Huhuhu nice post dan sukses (selalu) bikin iriiiiiii.

  3. Falkhi says:

    Selalu suka dengan hasil foto-fotonya. Keren. Bikin saya gagal fokus dalam membaca, hehehe.
    Sudah mulai minim pengunjung ya bli? Kok semua fasilitas sudah tak terurus. Coba pengunjung ditingkatkan lagi, bisa jadi tujuan wisata yang dicari. Apalagi pandan dan kelapanya bikin adem hati. Hehe

  4. anies says:

    kenapa orang tak ramai mas? adakah jauh dari bandar? atau pantainya tidak famous?

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Sepi karena dulunya dipakai balap liar kak. Sekarang sudah mulai terkenal lagi karena diincar sama instagrammer

  5. Meski pasirnya berwarna hitam, lansekap pantainya tetap bikin berdecak kagum …, keren banget, bli 👍

    Yaelaaaah, anak-anak itu kok kurang kerjaan ya dulu pada adu trek di pasir …, beruntung sekarang sudah dilarang.
    Kalau ngga dilarang, kan bisa-bisa aku ikutan ngetrek juga nih gegara pengij nyobain wwwkkwkkk 😅

    Lama ngga muncul post terbaru, begitu muncul tetaaaaap …, hasil bidikan foto-fotonya ciamik 👍

    Yang aku juga kagum, kostum yang diginain bli Putu Eka selalu sama dalam semua post.
    Seperti jadi trademark tersendiri dari seorang bli Putu Eka.

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Jangan ikut nge-trek kak, nanti ketagihan lhooo….hhahahah

      ahahhaha…bukan trademark kak, cuma punya baju itu doank sich…hehehehe

      • Abisnya penasaran, bliii … pengin jajal sensasinya ngetrek seru diatas pasir 😎😅

        Bli becanda akh masa cuma punya kaos satu itu …, aku malah terinspirasi loh pengin ikutan bli gunain satu kostum saat berfoto buat artikel.
        Beneran.
        Kesannya unik saja gitu.

        Kalau boleh usul, bli gunain udeng …, pasti tampilannya lebih eksotik dengan gunain kain kerennya.

        • Putu Eka Jalan Jalan says:

          Jangan ngetrek dech kak, beneran sudah banyak korban yang terjatuh soalnya.

          Ayo kak buat kostum yang menjadi ciri khasnya kita. pasti seru temen-temen pada punya ciri khas masing-masing.

          Duhhhh jangan pake udeng kak, pake udeng itu dijamin makin tampan maksimal, berbahaya kalau tampan begitu dikejarin sama para wanita nanti. atut ahhhhh….atut ketagihan maksudnya

  6. Fidy Sandri says:

    Pemandangan menuju pantai Pasut ini indah sekali. Unik ya pasir pantai Pasut berwarna hitam.
    Pantai nya juga keren , sayangnya vila-vila di pantai banyak yang terbengkalai ya?
    Wah hebat kak Putu Eka bisa manjat naik pohon kelapa yang melengkung,, meski naik pohon kelapanya cuma sampai setengahnya aja karena memang susah perlu perjuangan dan keberanian. Salut ..!

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Iya villanya banyak terbengkalai karena dulu tidak laku kak, secara jauh dari denpasar lokasinya.

      Hahahhaha nafsu besar buat manjat secara dari jauh kelihatan tidak terlalu tinggi, begitu dipanjat kok tinggi dan suker yaaa…..

  7. Warman says:

    Saya membaca artikel ini rasanya sedang menonton film petualangan saja, sangat baik penataannya, pantai legenda emang indah sekali saya ingin sekali berkunjung kesana. Terima kasih atas informasinya.

  8. wah jadi membayangkan bagaimana sulitnya medan balapan jika harus membalap di atas pasir yang hita. Tentu sangat sulit untuk melajur motornya

    Hal itu kan sebenarnya yang menjadi keasyikan tersendiri dan bisa beramai-ramai dengan kawan sejawat

  9. $cocoper6 says:

    Saya exited dengan pandannya, itu pandan gede amat, saya bisa bayangkan, mangkok bubur kacang ijo atau bubur jawa olahan yang dikasi ‘pewangi’ daun pandan itu sebesar apa mangkoknya hahahaha

    Itu pandan raksasa apa? Baru lihat saya pandan besar begitu

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Ah iya pandannya bisa dipakai untuk mangkok jajanan. hahahahha….
      Untuk nama jenis pandannya pun saya juga kurang tau kak

  10. Dyah says:

    Wah, foto-fotonya keren! Pantai pasir hitam keren juga ya. Seperti pantai yang terkenal di Islandia.

  11. Vika says:

    Pemandangan yang menakjubkan, apalagj pas liat kak putu eka naik pohon kelapa miring apa ga takut jatuh apa ya? Deg deg ser liatnya hihi… seneng ya jadi traveller blogger jadi ingin jalan2 setelah baca artikel ini hihi

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Ngeri-ngeri sedap pokoknya naiknya kak, tapi masih penasaran sampe sekarang biar bisa sampe diujung kelapa.

      Ayolah kak jalan-jalan, itung-itung cuci mata lhooo….

  12. basirunn says:

    ternyata dari sebuah Foto sangatlah menarik seribu bahasa tanpa dijelaskanpun kita menikmatinya om JOS pokoknya

  13. Putu Eka Jalan Jalan says:

    Terima kasih untuk apresiasinya kak

  14. Abdul says:

    ciri khasnya ada mas. sayang tapi ya kurang bersih

  15. Harmansyah says:

    Sayang sekali pantai seindah pantai pasut tidak dijaga kebersihannya, mungkin ini karena kurangnya kesadaran masyarakat baik masyarakat setempat ataupun pengunjung untuk menjaga kebersihan. Coba bli putu galakkan pemuda-pemudi disana untuk mengadakan gotong royong melakukan kebersihan tentunya dengan izin tetua di wilayah sana pasti seru

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Waktu ini sudah sempet ngobrol-ngobrol dengan pemuka masyarakat soal itu, semoga dalam waktu dekat ini bisa direalisasikan

  16. Indra says:

    He..he.. foto-fotonya banyak sekali dan bagus-bagus. Pemandangan alami masih bisa dinikmati di Bali ya..

    Semoga masih tetap terjaga keasrian lingkungan di wilayah Bali.

  17. Anisayu says:

    Pantai dan pohon-pohon kelapa
    Berhasil bikin aku terpesona
    Karena ada yang memanjat pohonnya
    Tanda semangat selalu ada

  18. Saya paling suka deh sama jepretannya mas putu eka. Tone warnanya keren. Sudut pengambilan gambarnya juga bagus-bagus.
    Sayangnya tiap baca tulisannya saya selalu sedih, karena seumur-umur belum pernah ke bali ;(

  19. Risna says:

    kalau main kesini pasti di suguhin photo layaknya potografer handal, jadi naksir terus sama kamera nya kiki, btw fotonya gak di komersilkan gitu mz… kalau dari info mz kojek ada kok aplikasi buat majang foto nanti kita di bayar, secara fotonya keren abis, apalagi pas engle kelapa hanyut… top

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Hahhahaha kameranya biasa aja kok kak, kamera murah ini. Photo sich belum komersial kak, masih sebatas sharing untuk teman-teman penyuka traveling saja

  20. Kang Nata says:

    Saya terkesan dengan trik pengambilan foto untuk artikel ini, mana artikelnya bermanfaat sekali, saya jadi kagum nich…

    Mudah2an, setelah manjat pohon kelapanya saya dikirimi kelapa muda, hahahahh…..

  21. pantainya kelihatan masih alami.
    wow…photo photo yang indah, menggambarkan kedamaian.

    thank you for sharing

    • Putu Eka Jalan Jalan says:

      Masih cukup alami kak, tapi sebentar lagi tidak kelihatan alami lagi dikarenakan pembangunan villa-villa ditepian pantai

  22. Pemandanganya sangat indah ya mase,,suasananya sangat tenang dan kelihatanya kalo buat pasangan damai nih..

  23. wah tampilan fotonya eksotis banget jadi inget film -film horor jaman dulu

  24. Didy says:

    Baca artikel ini suka banget 😍. Eh, Saya suka banget foto2nya terutama di pohon kelapa yg miring. Itu keknya bagus banget kalau sunset hehhehe

  25. Keren banget… Lihat pohon kelapanya kaya di mana gitu, pantai di film2…

  26. wisnu tri says:

    Berasa piknik ke pantai yang ada di daerah asal saya–Purworejo, mas. Pasirnya hitam dan ombaknya lumayan besar. Tapi sayang, kalau di daerah Purworejo belom banyak yang menyewakan ATV. Jadi belum bisa adu balap diatas pasir pantai macam ini.

  27. vanisa says:

    suka sama outfitnyaa, kontras banget sama latarnya. Kadang suka kesel kalo foto ternyata salah kostum. Pernah foto2 di tempat kaya gini dan pake baju ijo, berasa berubah jadi pohon 😛

  28. ombak laut says:

    WOO!! Baali.. tetap eksotik didalam hati. tak bisa berkata lebih banyak, hanya bisa menikmati foto2 nya saja. haaha.. memukau abiss!

    tampak happy sekali ya bang main dipantai nya. ditambah tingkah kocaknya saat naik pohon kelapa.😂😂

What do you think?

Name required

Website